Jumat, 04 Oktober 2019

Tekanan angin ban mobil

#TEKANAN_ANGIN_BAN_YANG_AMAN_UNTUK_MOBIL

Belum lama ini kita di suguh kan Berita LakaLantas di jalan tol, yang hanya akibat masalah sepele, yakni masalah kurang nya perhatian pada tekanan udara ban kendaraan,karena kita males untuk mengecek tekanan udara ban kendaraan kita tersebut 😊🙏

Nah berapakah tekanan Udara Ban Mobil yang Aman???

Yaaah...masuk pak Eko 😂 😂

Jika tekanan udara ban mobil tidak pas, kurang atau kelebihan, dampaknya begitu terasa pada performa mobil dan akselerasinya di lintasan. Sudah pasti ini semua akan berpengaruh pada kenyamanan dalam berkendara begitupun safety-nya. Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan tersebut caranya terbilang mudah dan simple yaitu menjaga kestabilan tekanan udara ban mobil.

Kalau kamu tak mau repot-repot mengurusnya, serahkan urusan ini pada tukang tambal yang banyak mangkal di pinggir jalan. Selain harganya murah meriah, kamu akan mengetahui berapa tekanan udara ban mobil kamu dengan bantuan alat yang tersedia.

Selain itu sekarang di setiap SPBU pun telah banyak tambal ban nitrogen bergaransi, kita bisa konsultasi masalah tekanan angin ban pada mereka , biasa nya Meraka menyarankan kita untuk mengecek minimal 1 bulan sekali , atau melakukan pengurasan/ ganti baru nitrogen tiap 3 bulan sekali.

Mengecek ban mobil itu memang gampang, tetapi berapa sih tekanan udara yang aman untuk mobil? Kalau ini yang kamu bingungkan, gampangnya tekanan ban yang baik itu sesuai dengan tekanan standar pabrikan. Biasanya standar semacam ini telah terpampang di dashboard mobil. Kalau tidak ada, biasanya informasi tersebut tertera di pintu dalam sebuah mobil, buku panduan bawaan sejak beli baru, atau pada ban mobil itu sendiri. Dengan demikian, antara mobil satu dan mobil lainnya memiliki memiliki tekanan ban ideal yang belum tentu sama.

Tekanan Udara Ban Mobil Standar Pabrik
Satuan yang digunakan dalam mengukur tekanan ban mobil ialah Psi. Di Indonesia, tekanan idealnya berkisar antara 28 sampai 33 Psi. Melihat rentang nilai Psi yang tak terlalu jauh itu, pada dasarnya tiap mobil memiliki tekanan udara yang hampir sama, dimana paling tinggi yaitu 33 Psi dan yang paling rendah adalah 28 Psi. Ini semua tergantung tipe mobil apa dan tibe ban apa yang menyangga laju berkendara mobil tersebut. Untuk mobil kelas MPV seperti #Ford_Everest#Ford_escape#/#Chevrolet_captiva/Avanza/Xenia/Kijang/ Ertiga/ Mobilio dan lain sebagainya, tekanan standarnya berkisar antara 30-32 Psi

Note : Terkadang juga disesuaikan dengan jenis Ban dan konstruksi Ban itu sendiri. Kalau anda menggunakan ban tebal untuk Berat tetapi dipakai dijalan Aspal , mungkin tekanan ban bisa lebih disesuaikan. Bisa lebih rendah sampai 25 psi.

Sedangkan untuk mobil sejenis sedan biasanya berkisar antara 28-30 Psi.

Selain tekanan ban standar yang harus jadi acuan, ada juga batas maksimum yang ditetapkan untuk pengisiannya. Biasanya keterangan batas maksimum ini tertera pada diding ban agar kamu tidak memompa melebihi tekanan maksimum ban tersebut. Cara mudah cari angka yg ada tulisan Psi nya dibelakang angka.

Tekanan Udara berdasarkan Kebutuhan
Variasi tekanan ban mobil juga disesuaikan dengan factor medan yang akan dilalui dan berapa berat muatan yang akan diangkut. Dalam suatu kasus, Toyota Avanza sudah cukup dengan tekanan standar 30 Psi jika di gunakan untuk mengangkut muatan sedang dan perginya tak terlalu jauh. Lain cerita jika mobil Avanza tersebut akan digunakan untuk bepergian jauh sementara beban yang harus dimuat sangat banyak (penumpang penuh dan barang banyak). Pada kasus ini tekanan 30 Psi dirasa masih kurang sehingga dapat ditingkatkan lagi tekanannya menjadi 31 atau bahkan 32 Psi.

Pentingya Pengecekan Tekanan Udara Ban Mobil secara Berkala
Apakah tekanan ban mobilmu sudah sesuai standar pabrik atau kebutuhan berkendaramu? Jika belum, lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan bahwa mobilmu tidak bermasalah dengan tekanan udara pada bannya. Lakukan pengecekan semacam ini setidaknya sebualn sekali karena tiap satu bulan normalnya tekanan udara pada ban mobil anda akan berkurang sampai 1 Psi. Lihatlah apakah angka Psi yang tertera sudah sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan oleh pabrikan. Adapun untuk ban yang high performance atau beraspek rasio 40-an (45, 40, 35), ada baiknya jika tekanan udara dinaikkan mulai dari 10 sampai 15 persen atas tekanan udara yang disyaratkan pabrik.

Maximal untuk usia ban adalah 5 tahun
Tergantung dari kondisi fisik dari ban itu sendiri, misal baru 3 tahun tapi sudah gundul ban nya itu wajib di ganti , atau sudah 6 tahun tp masih gondrong itu pun wajib ganti, biasa nya usia ban umuran 5 tahun ke atas sudah mulai regas / retak.

#Karena menurut info, ban juga memiliki kadaluarsa , bukan donat ajah yang memiliki kadaluarsa 😁🙏

Selain itu kondisi suspensi/ kaki2 kendaraan juga memiliki hubungan yang erat dengan ban.
Contoh shock breaker sudah lemah atau mati/rusak, bisa mengakibatkan ban tipis sebelah bagian dalem.



Dan sedikit masukan lakukan lah spooring , balancing,serta tire rotation agar kondisi fisik ban rata.
Perhatikan juga beban muatan jangan sampai overload yah..🙏😀

Memiliki mobil sama halnya dengan memiliki benda lainnya. Perawatan dan cara pemakaian yang benar memang diperlukan untuk memperpanjang usia mobil. Seperti pengetahuan akan tekanan udara ban mobil yang aman yang harus diketahui owner.

Bagaimana apakah tekanan udara ban mobil Anda sudah aman???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar