Sabtu, 12 Januari 2019

Bunyi di kaki kaki depan

Assalamualaikum,

Selamat pagi , siang ,sore atau pun malam,
Jumpa lagi dengan saya ..🤗
Sudah lama saya tidak Corat coret lagi di sini,
Heheheh maklum sibuk..

Baik..
Kali ini saya akan berbagi sedikit informasi yg mungkin bermanfaat bagi kita semua.
Terutama pemilik kendaraan roda empat dan penggerak roda depan ( Ford Fiesta,Focus,Escape, Ecosport).
Tentang bunyi bunyi di kendaraan nya..

MENGENALI KERUSAKAN PADA SUSPENSI KENDARAAN
         
Suspensi merupakan bagian terpenting untuk kenyamanan dalam berkendara. Karena itu suspensi selalu menjadi pembicaraan di dalam Workshop service di mana pun. Untuk mengetahui kerusakan pada bagian suspense dapat di rasakan dan di gabungkan dengan pengetahuan tentang fungsi komponen-komponen suku cadang tersebut.

1). Contoh  Jika terdengar klutuk-klutuk jika melewati jalan yang kurang mulus misalnya. Umumnya suara tersebut berasal dari Bushing & karet-karet, seperti bushing arm pada lower arm, bush stabilizier ( di sebut karet stabil ) dan link stabil serta baljoint. Beberapa benda tersebut semua nya berkaitan erat pada bunyi tersebut.
2). Steer membuang kearah kanan atau kiri pada saat di jalan mulus, umumnya kerusakan pada tierod ( tierod end ) atau Long tirod (Rack end ). Karena sudah haus lemah.
 3). Bunyi kletek-kletek pada saat berbelok atau parkir, jika bunyi tersebut sangat intensif pada saaat berbelok umumnya kerusakan pada cv.joint luar, karena cv.joint sudah haus dan bola’ pada cv.joint sudah tidak terlumasi grease. Akan tetapi berbeda hal nya jika bunyi kletek tersebut hanya 1 atau 2 kali, umumnya tanda ini mengarahkan pada kerusakan support shokbreker.
4). Kendaraan terasa sangat limbung pada saat di jalan mulus , pada mobil ford fiesta misalnya, jika shokbreker rusak sangat mudah sekali di rasakan, mobil sangat limbung dan pernah ada customer ia seperti merasa menaiki kuda, sampai2 tidak berani membawa mobilnya ke tempat kami.

Beberapa benda tersebut memiliki keterkaitan pada kerusakan lainnya, jadi sangat di sarankan untuk segera mengganti benda tersebut, di takutkan akan berpotensi menambah kerusakan pada komponen lainnya.

Demikian info yg bisa saya share di sini
Kurang lebih nya saya mohon maaf,
Apabila ada kekurangan mungkin bisa di tambahin di kolom komentar 😁

Terimakasih
Tetap semangat dan tersenyum

NB : materi di dapat dari berbagai sumber dan pengalaman selama di bengkel


4 komentar:

  1. Om kalo chevrolet di sini juga bisa ?

    BalasHapus
  2. Bisa om silahkan..CP 081514307889 Jamaludin
    Hatur nuhun

    BalasHapus
  3. Apakah benar...?
    Sparepart dan ongkos/jasa untuk ford sangat mahal ?

    BalasHapus